Kamis, 29 Desember 2011

Perepet Jengkol dan Jaman Dahulu Kala

Tahukah Anda dengan perepet jengkol? Ini bukan nama makanan. Ini nama permainan. Ini nama permainan tradisional. Ini nama permainan tradisional dari Jawa Barat. Ini permainan dari Jawa Barat dan tradisional. Terus kenapa juga saya tulis berulang kali kalimat dengan intisari yang sama? Ya itu silakan Anda pikirin sendiri.

Jadi jaman dahulu kala -- terserah mau se-jadul apa, itu terserah kemauan Anda -- permainan tradisional itu sering dimainkan. Itu karena jaman dahulu belum jadi jaman sekarang, sehingga mau tidak mau apa yang ada di jaman dahulu dilakukanlah itu di jaman dahulu. Perepet jengkol itu cuma salah satu dari sekian banyak permainan tradisional yang saya tau. Tapi saya yakin saya tau lebih banyak lagi cuma malas saja menyebutkan. Itu kata pikiran saya.

Lalu saya sekonyong-konyong teringat. Teringat kalau saya tidak pernah bermain perepet jengkol -- tergantung kalau memang begitu kenyataannya atau saya saja yang lupa. Saya pernahnya main galah asin, bébénténgan, ucing sumput, ucing bola, langlayangan -- jadi tukang nerbangin, dan lain-lain biar terkesan saya pernah main banyak permainan tradisional. Oh itu saya masih kecil jadi belum punya yang namanya komputer. Apalagi BlackBerry ataupun iPad. Jadinya pada saat itu saya tidak menulis blog. Dahulu kala saya sering main di luar sampai sore karena jaman dahulu kala memang itulah yang saya kerjakan. Tunggu. Rasanya ada yang janggal. Saya main tapi disebut kerjaan. Ah Bahasa Indonesianya aja itu mah yang memang aneh. Oke kembali ke cerita. Saya sering main sama teman-teman di lingkungan rumah saya. Itu karena itu permainan tradisional yang saya sebutkan dan tidak saya sebutkan sebagian sangat besar memang harus dimainkan orang-orang lebih dari satu orang. Mau tidak mau harus begitu. Kalau tidak mau Anda lebih baik diam di rumah dan menulis blog saja.

Terus saya juga sekonyong-konyong jadi berpikir. Berpikir kalau orang jaman dahulu itu kurang kerjaan. Kenapa? Buktinya mereka bisa bikin banyak permainan yang asik-asik. Mereka kurang kerjaan makanya mereka bikin kerjaan yang namanya "main bersama orang kurang kerjaan lain". Akhirnya orang-orang yang kurang kerjaan jadi punya kerjaan yang namanya main. Terus mereka jadi keasikan. Terus karena asik saya juga jadi ikut-ikutan main. Jadi intinya orang jaman dahulu itu asik meskipun kurang kerjaan. Atau mungkin karena kurang kerjaan makanya jadi asik? Hmm... Saya jadi berpikir seasik apa waktu masih jaman batu. Jaman batu kerjaan yang bisa dikerjakan masih sedikit. Sibuk cuma dipakai waktu berburu. Berarti di luar waktu berburu orang jaman batu kurang kerjaan. Terus jadi punya waktu luang untuk bikin peradaban yang jadinya mereka jadi punya cerita buat orang jaman sekarang. Oh membangun peradaban dari nol itu tampak asik.

Terus saya dengar ada berita kalau daerah Bale Endah kebanjiran. Bingung karena tidak rumpun dengan paragraf sebelumnya? Sengaja saya tulis biar Anda berpikir begitu. Nah, intinya adalah kalau Anda ingin punya ide-ide asik -- semacam bikin permainan, bikin lukisan, bikin ilmu pengetahuan, bikin sekte, bikin grup band Melayu, bikin bisnis gelap, dan silakan tambahkan sendiri -- Anda harus jadi orang kurang kerjaan dulu. Jadi Anda akan punya waktu untuk memikirkan hal-hal asik. Misalnya saja menulis blog yang diperuntukkan untuk orang kurang kerjaan. Bikin blog bikinan Anda untuk mengingatkan orang kalau yang membaca blog bikinan Anda sadar kalau dirinya kurang kerjaan. Lalu akhirnya orang yang membaca blog itu juga tersadar kalau dirinya kurang kerjaan. Terus jadi bikin blog untuk orang kurang kerjaan lainnya. Terus ada yang baca lagi. Terus yang tadi baca jadi pingin nulis blog juga. Terus begitu sampai saya inginnya sampai kapan karena ide itu saya yang punya. Sekarang apakah Anda juga jadi mau coba bikin blog untuk orang kurang kerjaan lainnya?

3 komentar:

  1. Saya jadi teringat dengan masa-masa kejayaan saya sewaktu masih jadi komandan pasukan permainan bébénténgan -- meskipun itu cuma terjadi dalam pikiran saya saja.

    BalasHapus
  2. Wah jadi inget. Dulu saya mainnya Sega. Tradisional banget tuh.

    BalasHapus
  3. @^Goblog. Eta mah heubeul, lain tradisional.

    BalasHapus

Silakan berkomentar sesuka Anda karena pada dasarnya saya tidak peduli apa komentar Anda.