Minggu, 22 April 2012

Topik Ringan : Musik

Saya sedang bosan. Malas tulis hal-hal berisi. Jadi saya tulis saja topik ringan. Ceritanya saya mau bicara soal musik.

Saya yakin Anda suka dengar musik. Mungkin dangdut, rock, metal, punk, klasik, atau musik perempatan (maksudnya musik yang suka dinyanyikan pengamen. Saya tidak tau itu genre-nya apa). Apapun itu setidaknya Anda pasti punya musik kesukaan.

Nah ceritanya saya ingin menunjukkan salah satu evolusi musik kesukaan saya, yaitu musik game. Entah itu jadi genre sendiri atau tidak, tapi saya suka musik yang ada dalam game. Terutama game side scrolling (semisal Mario Bros). Kenapa? Karena musik side scrolling sederhana tapi enak didengar. Maaf kalau Anda tidak mengerti penjelasan saya. Saya tidak paham apa-apa soal musik. Itu cuma masalah selera.

Beberapa bulan yang lalu saya kenal dengan game tembak-tembakan yang BGM-nya menggunakan musik elektronik, mirip game-game jaman dahulu. Bisa dibilang musiknya merusak pendengaran karena pakai musik 8-bit (silakan cari di Google untuk informasi lebih lanjut). Tapi hebatnya adalah ternyata ada orang yang memainkan ulang musik tersebut dan jadinya enak didengar.

Nah, jadi di bawah ini saya persembahkan musik 8-bit dalam game yang saya mainkan dan beberapa aransemennya.

BGM Original (hati-hati karena bisa merusak telinga) :



Aransemen 1 (versi ajep-ajep) :

 

Nah, dari versi ajep-ajep ini muncul varian lainnya.

Aransemen 2 (versi musik klasik, yang paling saya suka) :

 

Aransemen 3 (versi musik tradisional Jepang) :


5 komentar:

Silakan berkomentar sesuka Anda karena pada dasarnya saya tidak peduli apa komentar Anda.